Minggu, 19 Mei 2019

Ulasan Tentang BKT dan UKT dari Sudut Pandang Positif dan Negatif


Assalamualaikum Wr. Wb.

Fitrah Aisyah
1892132003
Kelas A
D3 Akuntansi 2018 UNM

Ulasan Tentang BKT dan UKT dari Sudut Pandang Positif dan Negatif

1. Dampak Positif dan Negatif BKT
   BKT atau yang disebut Biaya Kuliah Tunggal merupakan biaya keseluruhan operasional keseluruhan per mahasiswa setiap semesternya pada setiap program studi. Mengingat BKT yang terbilang cukup mahal, pemerintah memberikan bantuan operasional kepada setiap PTN dalam proses belajar mengajar yang disebut BOPTN (Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri).
Dampak positif dari BKT adalah mahasiswa dapat mengetahui seluruh biaya operasional di setiap semester. 
Dampak negatif dari BKT dapat terbilang cukup mahal.

2. Dampak Positif dan Negatif UKT
  Banyak terdapat dampak akibat diberlakukannya peraturan UKT, baik dampak positif maupun negatif. 
Dampak positifnya adalah dapat menghindarkan dari terjadinya kecurangan saat proses administrasi dan juga akan mempermudah proses pembayaran. Karena dengan membayar uang UKT ini, kita hanya membayar satu jenis biaya saja, tanpa rincian biaya lainnya. Serta dengan sistem ini, dapat memicu mahasiswa untuk lulus lebih cepat, karena semakin lama lulus, maka biaya kuliah yang harus dibayar tidak berhenti.
Dampak negatifnya adalah akan muncul rasa ketidakadilan jika dilihat dari sudut pandang besar biaya yang harus dibayar antara mahasiswa yang notabene adalah mahasiswa pra sejahtera dan mahasiswa yang sejahtera. Yang mana besar biaya yang harus dibayar adalah sama.

Terima Kasih:)
Wassalamualaikum Wr. Wb.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar